Monday, June 10, 2013

Pert. 4 - Internet Layer Protocol

Internet Layer Protocol

  • Internet Layer Protocol berisi protokol yang bertanggung jawab dalam pengalamatan dan enkapsulasi paket data jaringan . Internet layer terdiri dari beberapa protokol diantaranya :
    1. IP (Internet Protocol) adalah deretan angka biner 32-bit (IPv4) sampai 128-bit (IPv6) yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.
    2. ARP (Address Resolution Protocol) adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggung jawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat media access control (MAC)
    3. ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya. Contoh penggunaan ICMP yaitu terdapat pada "Command Prompt" Windows :
    4. IGMP (Internet Group Management Protocol) adalah salah satu protokol jaringan dalam kumpulan protokol TCP/IP yang bekerja pada lapisan jaringan yang digunakan untuk menginformasikan router-router IP tentang keberadaan group-group jaringan multicast.

      Referensi : 
      https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Protocol
      https://en.wikipedia.org/wiki/Address_Resolution_Protocol
      https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Control_Message_Protocol
      https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Group_Management_Protocol

No comments:

Post a Comment