Thursday, October 6, 2011

Pengalaman Kerja dan Developing Good Communication Skill (Resume Perisan 1 Oktober 2011)


Pengalaman Kerja
Pengalaman merupakan guru terbaik di dalam menjalani hidup. Tanpa disadari oleh kita semua bahwa hampir seluruh hidup kita diperuntukkan bekerja. Kita mengikuti pendidikan sejak umur 5 tahun sampai 22 tahun (kurang lebih). Setelah itu mulai umur 23 tahun sampai 60 tahun kita bekerja. Bila dibandingkan dengan kita pada saat mengikuti pendidikan waktunya lumayan jauh. Di pendidikan kita jalani umur kita hanya 17 tahun. Sedangkan untuk bekerja kita jalani umur kita hampir semua waktu dihidup kita, yaitu 37 tahun. Ini adalah ringkasan dari kata – kata motivasi mantan CEO Apple “Steve Jobs”.
“Your work is going to fill a large part of your life , and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work . And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it . And like any great relationship , it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t Settle.”(Steve Jobs)
“Technology is just a tool. In terms of getting the kids working together and motivating them, the teacher is the most important.”(Bill Gates)

Developing Good Communication Skill
Komunikasi adalah bagian penting dari memperngaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan.
Komponen dalam komunikasi :
1. Ide atau gagasan yang jelas
2. Komunikator
3. Penerima
4. Pesan yang jelas
5. Media yang tepat
6. Strategi yang sesuai
7. Memberikan persepsi yang seragam
8. Panca indera peneria yang baik.
Jenis Komunikasi :
1.) Komunikasi Perorangan(Interpersonal Communication)
2.) Komunikasi Berkelompok
Prinsip – prinsip dasar Komunikasi :
1.) Apapun yang kita lakukan adalah komunikasi
2.) Cara kita memulai pembicaraan seringkali menentukan hasil komunikasi
3.) Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang ingin disampaikan
4.) Komunikasi merupakan jalan dua arah , kita harus memberikan sebaik yang kita terima.
Membangun rasa percaya diri :
1.) Fakta : normal orang takut bicara
2.) Persiapan, lakukan persiapan
3.) Jangan menghafal presentasi dengan kata demi kata
4.) Kumpulkan & susun ide-ide anda sebelumnya , tuangkan dalam selembar kertas.

No comments:

Post a Comment